MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KADUAGUNG

  • Asep Usamah STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa kelas III dalam pembelajaran IPA dan untuk mengetahui pengaruh menggunakan model pembelajaran kontekstual pada pembelajaran IPA SDN Kaduagung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di Kabupaten Kuningan. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Kaduagung dengan jumlah murid 28 dengan teknik simple random sampling. Didapatkan thitung 4,266 > ttabel 1,674 maka Ho ditolak, ada hubungan model pembelajaran kontekstual dengan hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kontekstual mata pelajaran IPA pada materi Energi dan pengaruhnya pada kehidupan sehari-hari di kelas III SD Negeri Kaduagung

Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Kognitif

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-01
Abstract viewed = 99 times
PDF downloaded = 0 times