ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN KELAS V SD NEGERI 2 SEMBAWA

  • Fatimah Sidiq STKIP MUhammadiyah Kuningan
  • Dede Darkam STKIP MUhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter disiplin kelas V di SDN 2 Sembawa. Hambatan yang dialami dalam pembentukan karakter disiplin, serta solusi dalam mengatasi hambatan pendidikan karakter disiplin SD Negeri 2 Sembawa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 1 Guru, 1 Kepala sekolah SD Negeri 2 Sembawa, 3 Orang tua siswa dan 3 siswa sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter disiplin SDN 2 Sembawa menekankan karakter disiplin sebagai sebagai karakter utama disekolah. Dalam visi misi SD Negeri 2 Sembawa juga tercantum karakter disiplin yang hendak dicapai sebagai pondasi awal bagi siswa agar hidupnya teratur dan lebih baik. Dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin, SD Negeri 2 Sembawa terdapat kegiatan rutin yang terus menerus dilaksanakan seperti kegiatan shalat dhuha dan shalat dzuhur berjama`ah, kedisiplinan dalam hal waktu, membiasakan membuang sampah pada tempatnya dan lain sebagainnya. Selain itu terdapat kegiatan spontan yang diberikan contoh secara langsung oleh guru yang berperan sebagai model karakter. Pada perannya guru menggunakan peratuan, hukuman, konsistensi, dan penghargaan sebagai pedoman. Hambatan yang dialami pada proses pendidikan karakter disiplin yaitu membentuk karakter masing-masing anak, perilaku anak yang kurang disiplin. Adanya solusi dari hambatan tersebut yaitu guru harus bisa melakukan perannya sebagai motivator, fasilitator, dan komunikator.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara, Yoga. 2015. Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Kelas IV SdUnggulan Aisyiyah Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Anisa, R. 2017. Penanaman Nilai Kedisiplinan Pada Kelas Tinggi Di Sdn 1 Pandowan.
Annisa, F. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74.
Ardianti, Dian. 2015. Penanaman Nilai-Nilai KedisiplinanSiswa Kelas IV Sd Negeri Kepek Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon ProgoYogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Asni. 2015. Efektifitas Proses Belajar Mengajar Pada Sekolah Dasar Negeri 13 Gugus II Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Jurnal Katalogis, III(8), 167–175.
Chan, F., Kurniawan, A. R., Melinda, L. G., Priantini, R., Zubaedah, Suharti, S. R., & Khodijah, S. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Di Sd Negeri 187/1 Teratai. Jurnal Pendas Mahakam, 4(2), 137–145.
Dewantara, K. H., & E-mail, S. 2011. Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan.Harmonia: Journal of Arts Research and Education,11(2), 173–179.
Haqqi, B. 2019. Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar SD Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar, Studi Kasus . Jurnal Education, 5(2), 1–12.
Hartati, W. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Di Sd Negeri 7 Tanjung Raja.Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 216–228.
Hartini, S. 2017. Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Di Era Modern Sinergi Orang Tua Dan Guru Di Mts Negeri Kabupaten Klaten. Al-Asasiyya: Journal Basic Of Education, 2(1), 38–59.
Haryati, Sri. 2020. Pola Asuh Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas IV SDN Cigugur.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. STKIP Muhammadiyah Kuningan.
Irsan, & Syamsurijal. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar Kota Baubau. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(1), 10–17.
Lestari, F. N., & Miftakhul’Ulum, W. 2020. Analisis Bentuk Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN I Gondosuli Gondang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 318–329.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333.
Rachman, A., & Agustian, M. 2016. Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Pengelolaan Kelas di SDN 23 Pagi Palmerah Jakart. Jurnal Perkotaan, 8(2), 75–93.
Suryanti, I., & Arafat, Y. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Sd Negeri 18 Air Kumbang. JMKSP Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 3(2).
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutarna, Nana. 2018. Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustakadiniyah.
Asmani, Jamal. 2013. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.
Wuryandi, Wuri. 2014. Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 3(2).
Murtiningsih, Dwi dkk. 2019. Peran Orangtua Dalam Kegiatan Bermain Anak Usia Dini (4-6 Tahun) Di Rumah. Pengamat Pendidikan Program Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Bandung, 6(2).
Guntur, Neli dkk. 2019. Peran Orangtua Dalam Menanamkan Sikap Disiplin Anak Di Desa Kalimporo Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. 8(2).
Published
2022-02-25
Section
Articles
Abstract viewed = 1173 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 863 times