UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TERBIMBING DI SEKOLAH DASAR

  • Azi Rini Rizkillah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Irfan Fajrul Falah STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian  Tindakan  Kelas  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  peningkatan  hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode diskusi terbimbing di Kelas V SD Negeri Kertaungaran. Berdasarkan hasil penelitian  yang  telah  dilakukan,  maka  dapat  disimpulkan  bahwa  penerapan metode diskusi terbimbing pada KD Bahasa Indonesia Tema 8 Sub Tema 1 materi mengidentifikasi  dan  menuliskan  peristiwa-peristiwa  pada  teks  dapat meningkatkan   aktivitas   dan   hasil   belajar   siswa   kelas   V   di   SD   Negeri Kertaungaran.  Hal  ini  dapat  dibuktikan  dengan  adanya  peningkatan  dari  pra siklus, siklus I ke siklus II. Pada pra siklus diperoleh nilai aktivitas 47% kategori (Kurang). Pada siklus I mengalami peningkatan, yaitu 60% berkategori (Cukup). Ativitas siswa pada Siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 87% atau berkatergori  (Sangat  Baik).  Pada  pra  siklus  terdapat  9  siswa  atau  25%  yang nilainya mencapai KKM. Siklus I nilai yang tuntas sesuai KKM sebanyak 26 siswa atau 72%. Sedangkan pada siklus II nilai yang tuntas sebanyak 33 siswa atau 92%. Pencapaian 92% > 75% sesuai kriteria klasikal yang telah ditentukan, maka Penelitian Tindakan Kelas dinyatakan berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Abimanyu, Soli. dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral.
Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian.Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi.2010. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT. Bumi Aksara
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni.2015.Teori Belajar Dan Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zein.2014.Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Renika Cipta
Hamdani.2011.Strategi Belajar Mengajar.Bandung: CV Pustaka Setia
Kunandar.2013.Langkah Mudah Penelitian Tindak Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta: Rajawali Pers
Kusrini, Ani.2014.Skripsi:Penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Karya Tunggal kecamatan ketibung Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2013/2014” Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Majid, Abdul.2014.Strategi Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyani, Tri.2006. Strategi Pembelajaran: Pengembangan ( Learning & Teaching Strategi). Yogyakarta:FIP UNY
Purwanto, Ngalim.2012.Prinsip-Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rusman.2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana.2010.Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru
Susanto, Ahmad.2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Thobroni, M.2015.Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Praktik.Yogyakarta: Ar- ruzz Media
Widi, Dkk.2018.Media Penilaian Autentik.Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Published
2021-09-24
Section
Articles
Abstract viewed = 856 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 273 times