UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TERBIMBING DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode diskusi terbimbing di Kelas V SD Negeri Kertaungaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi terbimbing pada KD Bahasa Indonesia Tema 8 Sub Tema 1 materi mengidentifikasi dan menuliskan peristiwa-peristiwa pada teks dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Kertaungaran. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari pra siklus, siklus I ke siklus II. Pada pra siklus diperoleh nilai aktivitas 47% kategori (Kurang). Pada siklus I mengalami peningkatan, yaitu 60% berkategori (Cukup). Ativitas siswa pada Siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 87% atau berkatergori (Sangat Baik). Pada pra siklus terdapat 9 siswa atau 25% yang nilainya mencapai KKM. Siklus I nilai yang tuntas sesuai KKM sebanyak 26 siswa atau 72%. Sedangkan pada siklus II nilai yang tuntas sebanyak 33 siswa atau 92%. Pencapaian 92% > 75% sesuai kriteria klasikal yang telah ditentukan, maka Penelitian Tindakan Kelas dinyatakan berhasil.
Downloads
References
Abimanyu, Soli. dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral.
Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian.Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi.2010. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT. Bumi Aksara
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni.2015.Teori Belajar Dan Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zein.2014.Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Renika Cipta
Hamdani.2011.Strategi Belajar Mengajar.Bandung: CV Pustaka Setia
Kunandar.2013.Langkah Mudah Penelitian Tindak Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta: Rajawali Pers
Kusrini, Ani.2014.Skripsi:Penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Karya Tunggal kecamatan ketibung Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2013/2014” Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Majid, Abdul.2014.Strategi Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyani, Tri.2006. Strategi Pembelajaran: Pengembangan ( Learning & Teaching Strategi). Yogyakarta:FIP UNY
Purwanto, Ngalim.2012.Prinsip-Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rusman.2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana.2010.Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru
Susanto, Ahmad.2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Thobroni, M.2015.Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Praktik.Yogyakarta: Ar- ruzz Media
Widi, Dkk.2018.Media Penilaian Autentik.Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri