METODE PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGARANG BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 NANGGELA
Abstract
Hasil pengajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar kurang memuaskan. Kenyataan tersebut pernah penulis jumpai dalam beberapa kali pengalaman mengoreksi hasil ujian mengarang bahasa Indonesia. Tujuan penelitian tindakan ini adalah: 1) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran imajinatif pada siswa Kelas V SD Negeri 2 Nanggela, 2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran imajinatif dalam belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas V SD Negeri 2 Nanggela. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 2 Nanggela Kecamatan Cidahu. Data yang diperoleh berupa hasil tes tanya jawab dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus (70,73%), siklus I (80,50%), siklus II (100 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah merode pembelajaran imajinatif dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Nanggela. Model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran mengarang bahasa Indonesia.