PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PEDAGOGI MATERI SUBYEK (PMS) BERBASIS GOOGLE EARTH DALAM KONSEP MENGIDENTIFIKASI BENUA-BENUA

  • Nana Sutarna STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Kaman Kaman STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Pelajaran IPS menjadi pelajaran yang kurang disukai oleh siswa. PMS adalah perspektif teoretis yang lebih menyeluruh bagi para guru untuk dapat mengelola berbagai metode pengajaran dan berbagai metode pembelajaran sesuai dengan proses berbagi pengetahuan bangunan. Pendekatan Pedagogis Materi Perihal Berbasis Google Earth adalah proses pembelajaran yang mengacu pada PMS yang dimodifikasi menggunakan media Google Earth. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui penerapan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan untuk mengidentifikasi benua kelas enam SDN Unggulan Kuningan Kecamatan Kramatmulya Kecamatan Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian tindakan kelas yang
digunakan adalah model siklus yang dilakukan berulang-ulang dan terus menerus (spiral cycle) yang meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan instrumen penelitian berupa pertanyaan uji, lembar observasi, lembar kerja siswa, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian dapat dilihat dari kenaikan rata-rata hasil skor tes formatif. Nilai rata-rata uji formatif pada siklus I adalah 77,92 dan hasil formatif pada siklus II dengan skor rata-rata 87,91. Dan pada siklus II siswa mendapatkan hasil belajar 100% di atas 75 atau KKM.

Keywords: PMS, Google Earth, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-01
Abstract viewed = 145 times
PDF downloaded = 0 times