UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN 1 SAMPAI 500 DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI DENGAN MEDIA HITUNG JARI PADA SISWA KELAS II SDN CISUKADANA KABUPATEN KUNINGAN

  • Yuliah Yuliah SD Negeri Cisukadana Kabupaten Kuningan
  • Nana Sutarna STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Jojo Artija SD Negeri Cisukadana Kabupaten Kuningan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan dilapangan bahwa hasil belajar matematika terutama dalam operasi hitung bilangan 1 sampai 500 masih rendah. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui peningkatkan pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi dengan media hitung jari, siswa kelas II SD Negeri Cisukadana Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan melalui penggunaan metode bernyanyi. Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua Siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Cisukadana sebanyak 15 siswa. Hasil Penelitian didapatkan bahwa pemanfaatan metode bernyanyi dengan media hitung jari dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri Cisukadana Kec. Kadugede Kab. Kuningan. Hal ini dibuktikan adanya perkembangan pemahaman hasil belajar siswa. Adapun hasil yang dicapai dari setiap siklus adalah siklus I dikualifikasikan kurang (K) yang rata-rata skor nilai keseluruhan siswa mencapai 20%, untuk siklus II dikualifikasikan sangat baik (SB) yang rata-rata skor nilai keseluruhan siswa mencapai 93,3%.

Keywords: matematika, metode, bernyanyi, media hitung jari

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-09-01
Abstract viewed = 80 times
PDF downloaded = 0 times