PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN PENINGGALAN SEJARAH HINDU DI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 DARMA KECAMATAN DARMA KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2014-2015

  • Imas Maskilah SD Negeri 3 Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Sebagai implementasinya, diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada pembelajaran pembelajaran peninggalan sejarah hindu di indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 3 Darma menggunakanmetode diskusi. Penelitian ini terdiri dari II siklus masing-masing terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Akhir dari setiap siklus dilaksanakan tes dengan menggunakan instrumen soal. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, subyek yang diteliti. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi, catatan lapangan, lembar wawancara, tabel penilaian proses, lembar evaluasi (LKS), dan kamera. Data yang diperoleh dianalisis dan direfleksi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil observasi kinerja guru memperoleh nilai 85,72 pada siklus pertama diperoleh gambaran ketuntasan hasil belajar siswa dari 32 siswa terdapat 20 siswa 31,25% dan nilai rata-rata terhadap hasil belajar siswa pada pra siklus memperoleh nilai 62,5, pada siklus kedua mendapat nilai 45,31, dan nilai rata-rata terhadap hasil belajar siswa pada siklus pertama memperoleh nilai 90,63, sedangkan siklus kedua terhadap hasil observasi kinerja guru memperoleh nilai 100. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi peninggalan sejarah hindu di indonesia pada siswa kelas V (Lima) SD Negeri 3 Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan.

Keywords: pemahaman siswa, diskusi, siklus

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-09-01
Abstract viewed = 249 times
PDF downloaded = 0 times