PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITISSISWAPADAMATERI ENERGI DAN PENGGUNAANNYA DI KELAS IV SDN 1 BABAKANMULYA KECAMATAN JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN TAHUN AJARAN 2015-2016

  • Ega Mulyasari
  • Kasdar Al Ade Saputra

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus berorientasi pada aktifitas siswa, mendorong siswa untuk berpikir melalui pengamatan, analisis, serta kegiatan pemecahan masalah sehingga memungkinkan siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan menggunakan model Project Based
Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based
Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pre experiment dengan rancangan one group pretest-posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Babakanmulya, semester II Tahun Ajaran 2015/2016. Adapun jumlah siswa kelas IV SDN 1 Babakanmulya yaitu 19 siswa. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest dan observasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 21 dan Microsoft Office Excel. Data dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sesudah menggunakan model Project Based Learning, yakni dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 42,2 berada di kategori kemampuan berpikir kritis kurang dan nilai rata-rata posttest sebesar 72,8 berada di kategori kemampuan berpikir kritis baik. Terdapat peningkatan nilai Pretest ke nilai Posttest sebesar 30,6% dan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari kategori kurang menjadi kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Project Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords: kemampuan, berpikir kritis, model, project based learning

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-09-01
Abstract viewed = 52 times
PDF downloaded = 0 times