PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ISI DONGENG DI KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Dede Heryana
  • Dadang Cunandar

Abstract

Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Isi Dongeng Di Kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran Tahun Pelajaran 2014- 2015. Hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Kutakembaran dalam keterampilan membaca pemahaman masih rendah.Salah satu cara untuk mengatasai masalah tersebut adalah menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan membaca pemahaman materi pokok memahami isi dongeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Isi Dongeng Di Kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran Tahun Pelajaran 2014-2015. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran dengan jumlah 23 siswa. jumlah siswa laki-laki 12 dan siswa perempuan 11. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif (eksperimen semu). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman pada materi pokok memahami isi dongeng pada siswa di kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran Tahun Pelajaran 2014-2015 sebelum menggunakan pendekatan keterampilan proses, kurang dengan nilai rata-rata 32,43.Kemampuan membaca pemahaman pada materi pokok memahami isi dongeng pada siswa di kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran Tahun Pelajaran 2014-2015 setelah menggunakan pendekatan keterampilan proses, baik sekali dengan nilai rata-rata 85,57. Jadi, terdapat pengaruh signifikan pendekatan ketrampilan proses terhadap kemampuan membaca pemahaman materi pokok memahami isi dongeng di kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran Tahun Pelajaran 2014-2015.

Keywords: pendekatan peterampilan proses, membaca pemahaman

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-09-01
Abstract viewed = 194 times
PDF downloaded = 0 times