Improving Learning Outcomes Using the Story Telling Method for Elementary School Students

  • N Etit Herawati SDN 1 Ciporang

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas III pada pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran hanya berpusat pada guru. Pelaksanaan proses pembelajaran di kelas masih bersifat konvensional yaitu kegiatan yang hanya berpusat pada guru saja. Dari permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode mendongeng. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SD Negeri I Ciporang melalui penerapan metode mendongeng. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain Kemmis dan Taggart. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar angket, lembar wawancara, dan lembar evaluasi. Secara keseluruhan penerapan metode mendongeng ini membawa hasil yang positif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan-temuan penelitian dari data-data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sampai dengan Siklus II. Dapat disimpulkan bahwa metode mendongeng dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 1 Ciporang pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Keywords: Hasil Belajar, Mendongeng, PTK

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arikunto. Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusmana, Suherli. 2010. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Cerdas dan Kreatif. Ciamis: APBI Mandiri Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Rusyana, Yus. dan M. Suryaman. 2004. Pedoman Penulisan Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD, SMP, dan SMA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta
Sudjana, Nana. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi belajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Winataputra, U. dan Rositam, T. (Eds). 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka – Depdiknas.
Published
2019-10-16
Abstract viewed = 17 times
PDF downloaded = 16 times