PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

  • Muhammad Noor
  • Lusy Uswatun Hasanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS) pada materi perubahan lingkungan fisik untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Darma. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Darma yang berjumlah 40 siswa, yang sampelnya dipilih secara keseluruhan (sampling jenuh) dimana siswa kelas IV A sebagai kelompok eksperimen (pembelajarannya menggunakan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar) dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol (pembelajarannya tanpa menggunakan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar). Pengumpulan data dengan cara pemberian tes awal dan tes akhir sebagai data primer, serta lembar observasi sebagai data sekunder. Hasil Pretest diketahui bahwa nilai ratarata kelompok eksperimen yaitu 60,8 dan kelompok kontrol 54,7. Sedangkan dari hasil postest diketahui bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 87,2 dan kelompok kontrol 66,7. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh thitung = 6,43 dan ttabel 2,02. Karena 6,43 > 2,02 maka H0 ditolak H1 diterima, artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan fisik dengan menggunakan pendekatan lingkungan alam sekitar.

Keywords: hasil belajar, pendekatan lingkungan alam sekitar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-01
Section
Articles
Abstract viewed = 320 times
PDF downloaded = 0 times