The Effect of Contextual Learning Model on Writing Skills Description

  • Muhafidin Muhafidin STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Cidempet 3 Tahun Pelajaran 2017/2018. Model pembelajaran kontekstual adalah model pembelajaran yang menghubungkan atau mengaitkan antara materi pembelajaran dengan kehidupan nyata yang terjadi di lingkungan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cidempet 3 Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, dimana penulis menetapkan populasi sebagai sampel penelitian sehingga sampel yang didapat adalah siswa kelas V SDN Cidempet 3 Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu yang berjumlah 19 siswa. Berdasarkan perhitungan secara statistik diperoleh t hitung (3,53) > t tabel (2,434) maka Hi yang diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Cidempet 3 Tahun Pelajaran 2017/2018.

Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, keterampilan menulis deskripsi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama;
Ahmadi, Iif Khoiru. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Arikunto, Suharsimi.2005.Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta;
Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta;
Azizah. 2007. Peningkatan Keterampilan Menulis. Semarang;
Budiarto, Tri. 2013. Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika. Tidak Diterbitkan;
Chaer, Abdul. 2008. Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta;
Handriyani, Wina. 2013. Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi pada siswa kelas V SD semester ganjil di gugus VI Kecamatan Buleleng Kabupaen Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014. Tidak Diterbitkan;
Iskandarwassid, dkk. 2009. Model-Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Sunda. Bandung: CV. Wahana Karya Grafika;
Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional:Menciptakan Pembelajaran Kreatif dam Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya;
Nasir, Muhammad. 2003. Metode Statistika. Bandung: Pustaka;
Nugraha. Statistik Untuk Penelitian. Epsilon: Bandung;
Rosidi, Imron. 2009. Menulis Siapa Takut. Yogyakarta: Kanisius;
Rustandi, Andi. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas V SD Negeri 1 Waled Kabupaten Cirebon. Tidak Diterbitkan;
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Pernada Media;
Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa;
Soemarjadi, Muzni Ramanto, dan Wikdati Zahri. 2001. Pendidikan Keterampilan. Malang: Unerversitas Negeri Malang;
Sudrajat, Akhmad. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran dalam Paradigma Baru. Paramitha Publishing;
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta;
Sukmadinata. 2007. Model Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Rosdakarya;
Suparno dan Mohamad Yunus. 2006. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka;
Suryanto, Alek. 2004. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SMP dan MTs Kelas VIII. Bandung: Erlangga;
Tarigan, H.G. 2008. Menulis. Bandung : Angkasa;
W. Anitah, Sri., dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka;
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Published
2019-10-01
Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 20 times