UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING

  • Hernasih Hernasih SD Negeri 2 Nanggela

Abstract

Kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar. Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan upaya membangkitkan motivasi belajar siswa, salah satunya dengan membimbing siswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang melibatkan siswa serta guru yang berperan sebagai pembimbing untuk menemukan konsep IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan pengaruh motivasi siswa setelah diterapkannya pembelajaran penemuan terbimbing Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (class action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa IV SD Negeri 2 Nanggela Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Pra Test, Siklus I, dan Siklus II, yaitu masing-masing 33,33%, 63,336%, dan 90, 00 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa IV SD Negeri 2 Nanggela Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan.

Keywords: penemuan terbimbing, motivasi belajar, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-01
Section
Articles
Abstract viewed = 58 times
PDF downloaded = 0 times