Effective Learning Strategies for Children with Special Needs Based on Mobile Learning

  • Moh Syadidul Itqan Universitas Nurul Jadid
  • Supriadi Supriadi Universitas Nurul Jadid

Abstract

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki kondisi berbeda dengan anak normal lainnya baik dalam hal mental, fisik, maupun karakteristik sosialnya. Oleh karena perbedaan kondisi dengan anak normal lainnya, maka dibutuhkan pendekatan berbeda pula dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan anak normal lainnya. Salah satu pendekatan yang berbeda tersebut ialah menggunakan perangkat mobile learning sebagai strategi pembelajaran efektif bagi anak berkebutuhan khusus untuk membantu memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidodadi Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini menghasilkan aplikasi android untuk membantu belajar anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan aplikasi android sebagai strategi pembelajaran efektif bagi anak berkebutuhan khusus di Kecamatan Paiton.

Keywords: Anak berkebutuhan khusus, strategi pembelajaran, mobile learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Perdana, Herlambang. Amandemen UUD 1945. Surabaya: Departemen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Airlangga, t.th.
[2] Zaus, M. A., Wulansari, R.E., Islami, S., Pernanda, D. Perancangan Media Pembelajaran Listrik Statis dan Dinamis Berbasis Android. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS) Vol: 1 No.:1. Maret 2018
[3] Kearney, M. Et. Al. Viewing Mobile Learning from a Pedagogical Perspective. Journal of Research Learning and Technology, 20:1-17.
[4]Direktorat PSLB. Pedoman Khusus Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. 2009.
[5]Yuyus. Adaptasi Pembelajaran Siswa Berkesulitan Belajar. Bandung: Rizqi. 2005.
[6] Maftuhatin, L. Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusif di SD Plus Darul ‘Ulum Jombang. Religi: Jurnal Studi Islam Vol: 5 No.:2. Oktober 2014.
[7]Fatimah, S. Pengembangan media pembelajaran IPA-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa. Jurnal Kaunia Vol.:X No.:1. April 2014.
[8]Anggraeni, R.D., Kustijono, R. Pengembangan Media Animasi Fisika pada Materi Cahaya dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA) Vol.:3 No.:1. Juni 2013.
[9]Supriadi, N., Damayanti, R. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Lamban Belajar dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. Aljabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol.:7 No.:1. Juni 2016.
[10]Aristiani, N. Penggunaan Media Batang Napier dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas 3 SD 11 Belakang Tangsi Padang. Jurnal ilmiah Pendidikan Khusus Vol.:1 No.:1. Januari 2013.
[10]Yundasari, O. Efektivitas Metode SQRQCQ dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal ilmiah Pendidikan Khusus Vol.:4 No.:3. September 2015.
[12]Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2010.
[13]Ridwan. Skala Pengukuran Variabel- Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2011.
Published
2019-10-01
Abstract viewed = 67 times
PDF downloaded = 715 times