PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA, AKTIVITAS BELAJAR, DAN SIKAP ILMIAH MELALUI PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR

  • Dede Cahyati Sahrir

Abstract

Siklus Belajar merupakan salah satu model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA, aktivitas belajar dan sikap ilmiah siswa melaui model siklus belajar. Penelitian kuantitatif ini mengggunakan metode eksperimen semu yaitu one group pre test post test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil pretest adalah sebesar 56,9 dan nilai rata-rata hasil postest adalah 83,3, sehingga mengalami peningkatan sebesar 36,6 %. Berdasarkan hasil perhitungan statistik dengan uji t diperoleh bahwa thitung (5,658) > ttabel (2,002) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat peningkatan hasil belajar IPA yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran siklus belajar. Selanjutnya berdasarkan hasil observasi diperoleh presentase aktivitas belajar siswa sebesar 83% dan presentase sikap ilmiah siswa sebesar 89% dengan kategori baik. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model siklus belajar dapat meningkatkan hasil belajar IPA, aktivitas belajardan sikap ilmiah siswa.

Keywords: hasil belajar IPA, aktivitas belajar, sikap ilmiah, siklus belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-01
Section
Articles
Abstract viewed = 44 times
PDF downloaded = 0 times