Application of the Cooperative Model Snowball Throwing to Improve Social Studies Learning Outcomes

  • Nunu Nurfirdaus STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Asep Usamah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Atang Sutisna STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa pada ranah kognitif mata pelajaran IPS masih banyak siswa memperoleh hasil belajar yang dibawah KKM. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah guru dapat menerapkan model pembelajaran yang efektif untuk menyampaikan materi pembelajaran khususnya pelajaran IPS di Siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar IPS.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, bentuk desain eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Siswa SDN 3 Cisantana. Berdasarkan perhitungan statistik diperoleh thitung (6,34) ˃ ttabel (2,71) artinya Hi diterima artinya peningkatan hasil belajar IPS dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran IPS Siswa SDN 3 Cisantana.

Keywords: Model Snowball Throwing, Hasil Belajar IPS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran, Cetakan Ke-5. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2005). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Pustaka Setia.
Asy’ari, dkk. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial SD untuk kelas V. Jakarta: Erlangga.
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Cetakan Ke-1. Bandung: Yrama Widya.
Azizah, Nur. 2015. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistic Berbasis Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP (Studi Eksperimen Kelas VII SMP Negeri 3 Kuningan). Skripsi S1 STKIP Muhammadiyah Kuningan.
Isjoni. 2013. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok, Cetakan Ke-7. Bandung: Alfabeta.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Cetakan ke-V. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurgana, Endi. 1993. Statistika Penelitian. Bandung: CV. Permadi Bandung.
Permana, yudi dan Dwi Sulistyowarni. 2015. Model-Model Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Mengembangkan Profesionalisme Guru, Cetakan ke-1. Bandung: UPI Press.
Purwanto. 1998. Prinsip – prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung:: Remaja Karya CV.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi kedua, Cetakan Ke-5. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Sinambela, Lijan P. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Cetakan ke-1. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Shoiman, Arif. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013, Cetakan Ke-1. Yogyakarta:Ar-Ruzz.
Slavin, Robert E. 2005.Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudjana, Nana.1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Supriatna, Nana, dkk. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.
Published
2019-10-01
Abstract viewed = 39 times
PDF downloaded = 51 times