The Effect of Implementation of Environmental-Based Contextual Learning Models on Interests and Learning Outcomes

  • Ni Nyoman Lisna Handayani Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 5 Bunutan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan secara signifikan minat belajar antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 5 Bunutan. Kedua, terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 5 Bunutan. Ketiga, Secara simultan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap minat belajar dan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 5 Bunutan.

Keywords: Pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan, minat, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dantes, I Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Dantes, Nyoman. 2012. Statistik Test. Singaraja : Undiksha.
Lasmawan, Wayan. 2010. Menelisik Pendidikan IPS Dalam perspektif Kontekstual - Empiris. Singaraja: Mediacom Indonesia Press Bali.
Suami, Dewa Ayu. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 21 Dauh Puri Denpasar. Tesis. Program Pascasarjana Undiksha Singaraja, 2012.
Suastra, I Wayan. 2009. Pembelajaran sains terkini. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha
Sukreni, Wayan. 2014. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Anak Kelompok B Tk Kumara Jati Denpasar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 4 Tahun 2014).
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003. Jakarta : Cemerlang.
Published
2019-10-01
Abstract viewed = 25 times
PDF downloaded = 63 times