Improving Student Learning Outcomes Through theLearning Model PDEODE

  • Yuyu Yuliati Universitas Majalengka
  • Dudu Suhandi Saputra Universitas Majalengka
  • Neneng Siti Aisah Universitas Majalengka

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Padahanten Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dengan tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pra siklus dengan tingkat ketuntasan 30% dengan rata-rata 68,97 mengalami penurunan pada siklus satu tingkat ketuntasan 19% rata-rata nilai 62,02, namun pada siklus dua mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar 30% rata-rata nilai 68,44 dan siklus tiga ketuntasan belajar 76% rata-rata nilai 77,02. Selain terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas, sikap dan keterampilan siswa juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) merupakan model pembelajaran yang efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA dan model ini juga dapat dijadikan sebagai referensi untuk memperbaiki proses pembelajaran

Keywords: Hasil belajar, model pembelajaran PDEODE, pembelajaran IPA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Costu, B. (2008). “Learning Science Through The PDE ODE Teaching Strategy: Helping Students Make Sense Of Everyday Situations”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 4(1). 3-9. Tersedia pada http://www.ejmste. com/v4n1/Eurasia_v4n1_Costu.pdf. Diakses pada tanggal 14 Januari 2018.
Depdiknas. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Hartono, S. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.
Kolari, S, Ranne, C. S., & Tiili, J. 2005. “Enhancing Engineering Student’s Confidence Using Interactive Teaching Methods – Part 2: pos-test results for the Force Concept Inventory showing enhanced confidence”. World transactions on engineering and technology education. 4(1). 15-20. Tersedia pada http://www.eng.edu.au/uicee. Diakses pada tanggal 28 Desember 2017.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Roestiyah N. K. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Wisudawati, A.W. dan Sulistyowati, E. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2019-10-01
Abstract viewed = 34 times
PDF downloaded = 29 times