The Effectiveness Of The Picture and Picture Learning Model of the Simple Writing Ability

  • Nofiana Ulfa Universitas PGRI Semarang
  • Zainal Arifin Universitas PGRI Semarang
  • Arfilia Wijayanti Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa kelas IV SD Islam Al-Fattah Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif Penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang variatif menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana dilihat dari rata-rata nilai kelas IV SD Islam Al-Fattah Semarang materi menulis dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 63, hasil ulangan harian menulis karangan sederhana siswa dengan persentase ketuntasan 30,8%. Sedangkan untuk KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Islam Al-Fattah Semarang yaitu 70. Hasil penelitian keefektifan tersebut dibuktikan dengan lebih tinggi perolehan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 76, sedangkan rata-rata hasil pretest sebesar 56 dengan persentase kenaikan belajar siswa sebesar 16,61%.

Keywords: Menulis, Picture and Picture, Gambar Seri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Abdul Karim H. 2007. Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Muharsipin. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Seri Kelas III. Jurnalistrendi online vol. 2 (2). Diunduh Pada 19 September 2018.
Published
2019-10-02
Abstract viewed = 22 times
PDF downloaded = 11 times