Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif (Studi Eksperimen pada Materi Energi Listrik Mata Pelajaran IPAS di Kelas V SD Negeri Gandekan Surakarta)

  • Anisia Amaria Makrifa Ria Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Anggit Grahito Wicaksono Universitas Slamet Riyadi
  • Elinda Rizasari Universitas Slamet Riyadi
  • Anggit Grahito Wicaksono Universitas Slamet Riyadi

Abstract

Penelitian ini didorong oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif dan belum menerapkan model yang cocok untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif  pada muatan IPAS di kelas V SD Negeri Gandekan Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi apakah model PjBL berpengaruh atau tidak pada keterampilan berpikir kreatif IPAS kelas V SD Negeri Gandekan Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen dengan pendekatan desain pre-eksperimental, dan desain penelitian one grup pre-test poss-test. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, tes berupa essay, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini ada dua bagian yaitu uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan ada dampak yang signifikan dengan menerapkan model PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif IPAS Kelas V SD Negeri Gandekan Surakarta. Ditunjukkan dari kenaikan rata-rata dari nilai pre-test sebesar 63, 89 dan rata-rata poss-test sebesar 81, 21 dan dari hasil uji-t yang diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Peneliti berharap penelitian ini memberikan untuk bagi yang membutukan.

Keywords: Project Based Learning, Keterampilan Berpikir kreatif, IPAS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, A., & Muhajir, H. (2022). Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Secara Daring. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 6(1), 21. https://doi.org/10.32502/dikbio.v6i1.4380
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Dayana, R., Winarni, E. W., & Agusdianita, N. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Diorama Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. E. W.
Dewi, D. P., Sismulyasih, N., Putri, D. S., & Afni, N. (2023). PEMAIN BIT IPAS Pengembangan Media Interaktif Berbasis IT IPAS. Cahya Ghani Recovery.
Dr Sigit Hermawan, SE, D. S. H., SE, & M.M, A., SE. (2021). METODE PENELITIAN BISNIS: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Deepublish.
Elinda Rizkasari. (2023). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya menyiapkan generasi emas Indonesia | Rizkasari | Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/28270
Febriyanti, A. F., Susanta, A. S., & Muktadir, A. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran IPA Peserta Didik Kelas V SD Negeri. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.14130
Fridayani, J. A., & Kusuma, S. E. (2023). Statistika Inferensial untuk Organisasi dan Bisnis. Sanata Dharma University Press.
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2019). PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif Tentang Peran Model Pembelajaran Pjbl Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/2694
Hidajat, F. A. (2022). Buku Ajar Pengembangan Berpikir Tingkat Tinggi dan Berpikir Kreatif Matematis. Penerbit NEM.
Indah, R. A. F. (2022). Pengaruh penerapan PJBL dalam pembelajaran biologi terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Masrifa, A., Munirah, S., Cahyani, A. R., & Fauziyah, D. H. (2023). Media Interaktif Pembelajaran IPAS. Cahya Ghani Recovery.
Muhammad Ramdhan. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Novianto, N. K., Masykuri, M., & Sukarmin, S. (2018a). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Sma/ Ma. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19792
Novianto, N. K., Masykuri, M., & Sukarmin, S. (2018b). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Sma/ Ma. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 81. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19792
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684
Nyoman Ayu Putri Lestari, K. L. K. (2023). Model-Model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Nilacakra.
Purwati, P. D., Adibah, Y., Wijaya, L. K. L., Zahra, F. F., Fatimatuzzahro, Sasqia, L. A. C., Maulida, P. P. A., Wijaya, A. D., Agustin, R. S., Astuti, D. O., Saviola, S. S., Amalia, F. F., Laksono, P. T., & Rafsanjani, M. R. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Era Society 5.0. Cahya Ghani Recovery.
Rudi Setiawan. (2020). Framework Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21. UNY Press.
Sakti, I., Nirwana, N., & Swistoro, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.35-42
Siskawati, G. H., & Bachri, B. S. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Online. 5(2).
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Bandung : Afabeta.
Susanto, H., Irmawati, I., Akmal, H., & Abbas, E. W. (2021). Media Film Dokumenter dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.24127/hj.v9i1.2980
Taufiqur Rahma, T. R., S. Pd. (2018). Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. CV. Pilar Nusantara.
Umar, W., & Abdullah, S. (2020). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Disertai Penerapannya. 7(2).
Widiyanti utami, R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. 7.
Yayuk, A. (2019). Harapan dan Tantangan Implementasi Pembelajaran IPA dalam Konteks Kompetensi Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama.
Published
2024-09-01
Section
Articles
Abstract viewed = 39 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 22 times