Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen pada Materi Pecahan Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 1 Awirarangan Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan)

  • Siti Minatul Maula Universitas Kuningan
  • Arrofa Acesta Universitas Kuningan
  • Febby Fajar Nugraha Universitas Kuningan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika yang menggunakan kartu domino dengan hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan papan kartu pecahan, serta untuk membandingkan perolehan hasil belajar siswa (Gain) pada kelas yang menggunakan kartu domino dengan hasil belajar siswa di kelas. kelas menggunakan papan kartu. Dengan subjek penelitian di SDN 1 Awirarangan dengan sampel 26 siswa kelas kontrol dan 24 siswa kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa desain penelitian Quasi Eksperimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Peniliaian tingkat pengetahuan hasil belajar siswa didapatkan melalui uji pretest dan posttest yang dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa penggunaan media kartu Domino.  Hasil yang didapatkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran kartu domino. Metode ini membutuhkan waktu yang cukup dan menjadikan proses pembelajaran lebih bermakna dan kreatif.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika yang menggunakan kartu domino dengan hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan papan kartu pecahan, serta untuk membandingkan perolehan hasil belajar siswa (Gain) pada kelas yang menggunakan kartu domino dengan hasil belajar siswa di kelas. kelas menggunakan papan kartu. Dengan subjek penelitian di SDN 1 Awirarangan dengan sampel 26 siswa kelas kontrol dan 24 siswa kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa desain penelitian Quasi Eksperimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Peniliaian tingkat pengetahuan hasil belajar siswa didapatkan melalui uji pretest dan posttest yang dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa penggunaan media kartu Domino.  Hasil yang didapatkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran kartu domino. Metode ini membutuhkan waktu yang cukup dan menjadikan proses pembelajaran lebih bermakna dan kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abqari, F. T. (2018). Media Permainan Kartu Domino untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Konversi Pecahan Desimal Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan , Vol.3, No 9.

Agustina, T. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Cerita Tentang Keliling Dan Luas Bangun Datar. Jurnal Ibtida"i, 5(01), 115–132.

Arifin, Z. (2014). Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan Joobsheet . Yogyakarta, Skripta.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Ke-2. Jakarta , Bumi Aksara.

Dahlan, D. (2018). Penggunaan Media Kartu Domino dalam Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung pada Siswa Kelas III SDN 240 Harue Kabupaten Bulukumba. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(2), 137–145.

Hanggara, A., dkk. (2018). Dasar-Dasar Statistika Manual dan SPSS . Bandung , Mujahid Press.

Hartono, R. d. (2017). Pembelajaran Operasi Pecahan Dengan Kartu Domino Pintar . Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 173–181.

Irianto, M. (2015). Math Games Domino Effect on the Results of the Learning Math Fractions in Class IV SD Negeri 1 Kalikabong. Journal of Basic Education Dynamics, 7(2), 31–42.

Kurniawan, A. P. (2015). Strategi Pembelajaran Matematika. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya .

Kurniawan, A. W., dan Puspitaningtyas,Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta , Pandiva Buku.

Kusrini, d. (2014). Strategi Pembelajaran Matematika. Universitas Terbuka, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Manadi, Y. (2012 ). Media Pembelajaran sebuah pendekatan baru . Jakarta: Gaung Persada Press, hl 35.

Nuraini, L. A. (2021 ). Analisis Learning Obstacle Siswa pada Materi Pecahan Senilai. Journal of Elementary Education, Volume 04 Number 05, September 2021.

Nuryadi, dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian . Yogyakarta , Sibuku Media .

Pramana, K. A. B., dan Putra, D. B. K. N. S. (2018). Merancang Penilaian Autentik . Bali, CV Media Educations .

Prasetya, B. N. (2016). Pengembangan Permainan Kartu Domino sebagai Media Pengayaan Pada Materi Sistem Penilaian Persediaan. Jurnal Pendidikan, Vol.5, No.04. Tahun 2016, Hlm 1-6.

Purnomo, Y. (2015). Pebelajaran Matematika untuk PGSD. Jakarta , Erlangga .

Rasyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta , Raja Grafindo Persada.

Riduwan. (2018). Metode dan Teknik Penyusunan Tesis . Bandung , Alfabeta .

Setyawati, A. (2019). Pembelajaran Operasi Pecahan dengan Model Make a Match dan Permainan Kartu Domino Pintar . Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika , Vol.10, No. 2.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung, Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2012 ). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung , Alfabeta .

Sugiyono. (2013 ). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif kualitatif, dan R & D. Bandung , Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung , Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung , Alfabeta .

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta, Pustaka Belajar.

Susanto, A. (2013 ). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta , Kencana Prenada Media Group .

Tobing, A. (2020). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Kartu Domino dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK. Medan, Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara .

Vioreza, N. (2018). Korelasi Pemahaman Konsep Bilangan Pecahan Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu. Jurnal Visipena , Volume, 9(2), 330–341.

Wirama, G. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS. Sulawesi Selatan , Universitas Cokromonoto Palopo .

Published
2023-09-01
Section
Articles
Abstract viewed = 485 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 407 times