Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang dihadapi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

  • Agatha Kristi Pramudika Sari STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Shinta Shintiana STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalis kemampuan membaca permulaan, menganalisis kesulitan dalam membaca permulaan serta upaya dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 di SDN 2 Babakanreuma. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif berupa studi kasus di SDN 2 Babakanreuma. Sumber data peneltian ini adalah guru, siswa, dan orang tua siswa kelas 1 SD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data data collection, data reduction, data display dan conclusion drawing/ verification. Sedangkan untuk validasi data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD N 2 Babakanreuma termasuk dalam kriteria sangat baik. Kesulitan yang dihadapi yaitu siswa masih belum bisa merangkai huruf menjadi kata, kata menjadi suku kata, belum bisa membedakan huruf, intonasi suara tidak jelas, kesulitan ketika membaca huruf konsonan dan masih belum bisa mengeja ketika membaca. Solusi yang diberikan oleh guru untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan diantaranya yaitu sebagai berikut.guru memberikan jam tambahan kepada siswa yang memiliki kesulitan dalam membaca permulaan. memberikan perhatian lebih kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca. guru mengajarkan siswa mengenal huruf dengan gaya mengajar yang lebih kreatif. guru memberikan motivasi untuk membangun rasa percaya diri pada siswa.serta pada saat proses pembelajaran guru menggunakan media belajar yang menarik seperti buku bergambar, buku bacalah, buku cerita kartu kata maupun multimedia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Falah, I. F., & Kusumah, R. (2023). Respon Siswa Terhadap Bahan Ajar Membaca Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Lensa Pendas, 8(1), 46-51.

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan membaca permulaan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10-24.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jumal Obsesi: Jumal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446-453.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462-1470.

Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13 (2), 397–410.

Retno, D. (2013). Peningkaan Kemampuan membaca Permulaan Menggunakan Permainan Kartu Kata Pada Anak Kelompok B TK Masyitoh Ngasem Sewon Bantul Yogyakarta. Skripsi UNY, Yogyakarta.

Sari, A. K. P., & Wati, D. P. (2019). Penerapan Multimedia TAVAGIS Berbasis Prezi dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3), 369-380.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Walimah, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Guru Dan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1532-1538.

Published
2023-09-01
Section
Articles
Abstract viewed = 443 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 329 times