PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA KABAR (KARTU BERGAMBAR) MATERI SIFAT – SIFAT CAHAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SIDOHARJO 01 KABUPATEN TEGAL

  • Laila Cahya Pratiwi Program Studi PGSD Universitas PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Program Studi PGSD Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Program Studi PGSD Universitas PGRI Semarang

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Media Kabar (Kartu Bergambar) Materi Sifat – Sifat Cahaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Sidoharjo 01 Kabupaten Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match berbantu kabar (kartu bergambar) materi sifat – sifat cahaya terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidoharjo 01 Kabupaten Tegal. .Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk Pre-Experimental Design dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan rata-rata pada skor pretest mencapai 58 sedangkan pada posttest mencapai 72,211. Nilai ketuntasan klasikal pretest mencapai 39% sedangkan pada posttest mencapai 61% diketahui dari uji t dengan thitung lebih dari ttabel (5,663 > 2,026). Disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match berbantu kabar (kartu bergambar) materi sifat – sifat cahaya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidoharjo 01 Kabupaten Tegal.

Keywords: Model Make A Match, Kartu Bergambar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-19
Section
Articles
Abstract viewed = 35 times
PDF downloaded = 32 times