PENERAPAN MODEL TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V SD NEGERI PAJAMBON

  • Nunu Nurfirdaus STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Hidayatuloh Munandar STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penerapan Model Time Token Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri Pajambon, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V di SD Negeri Pajambon pada mata pelajaran IPS hasil belajar siswa
rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model time token terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V di SD Negeri Pajambon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Pajambon yang
berjumlah 21 siswa dan siswa kelas IV di SD Negeri Sukamukti yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dimana penulis menetapkan populasi menjadi sampel penelitian. Jadi sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V di SD Negeri
Pajambon yang berjumlah 21 siswa dan siswa kelas IV di SD Negeri Sukamukti yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t) yang digunakan untuk
pengaruh model time token terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V di SD Negeri Pajambon. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh t hit (4,974) > t daf (1,68), maka Hi diterima artinya bahwa terdapat pengaruh model time token terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V di SD Negeri Pajambon. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model time token terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V di SD Negeri Pajambon.

Keywords: model time token, hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-19
Section
Articles
Abstract viewed = 345 times
PDF downloaded = 406 times