KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI BANGUN DATAR BERBANTU MEDIA GEOBOARD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TROSO 06 PECANGAAN JEPARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share pada materi Bangun Datar untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa Kelas IV SDN Troso 06 Pecangaan Jepara pada tahun 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Desain Pra-Eksperimental. Bentuk Desain Pre-Eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Troso 06 Pecangaan Jepara pada tahun akademik 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 20 siswa kelas IV dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil nilai rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan. Pada nilai pretest yang telah dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata 61.5% dan nilai posttest sebesar 81,75%. Dengan demikian ada peningkata hasil belajar siswa dalam menggunakan Model Think Pair Share pada materi Bangun Datar di Kelas IV. Hasil pengujian hipotesis terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif menunjukkan bahwa thitung = 8,587 dan ttable = 2,093 dengan taraf signifikan 5% maka thitung = 8,587 > ttable = 2,093. Jadi berdasarkan hasil yang didapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima berarti model pembelajaran Think Pair Share pada materi Bangun Datar sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Troso 06 Pecangaan Jepara.