PEMBELAJARAN MENULIS WACANA DESKRIPSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Muhafidin Muhafidin STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan menulis wacana deskripsi siswa SD. Mind mapping merupakan cara paling mudah untuk memasukkan informasi ke dalam otak dan untuk mengambil informasi dari dalam otak. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah tes membuat wacana deskripsi berdasarkan indikator penilaian wacana deskripsi meliputi kesesuaian langkah, kesesuaian isi, kesesuaian bahasa, dan kesesuaian bentuk tulisan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN Peranggong 2 Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IV di SD tersebut dengan jumlah 28 siswa. Setelah diimplementasikannya metode
mind mapping dalam pembelajaran, skor rata-rata posttest siswa lebih besar dibandingkan dengan skor rata-rata pretest-nya, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan siswa dalam menulis wacana deskriptif meningkat setelah diberikan treatment. Hasil analisis uji statistik menunjukkan bahwa thitung = 17,08 > ttabel = 2,05 yang berarti kemampuan menulis wacana deskriptif sebelum dan sesudah diberikan perlakuan mind mapping adalah berbeda signifikan. Metode mind mapping berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis wacana deskripsi siswa. Terdapat peningkatan kemampuan menulis wacana deskripsi oleh siswa setelah diterapkan metode mind mapping dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Keywords: Mind Mapping, Kemampuan Menulis, Wacana Deskripsi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-19
Section
Articles
Abstract viewed = 162 times
PDF downloaded = 476 times