PENGARUH STRATEGI CRITICAL INCIDENT BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS CERITA PENGALAMAN PRIBADI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI SIDOHARJO 01
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pengalaman pribadi pada siswa kelas V melalui strategi critical incident berbantu media audiovisual berupa film animasi di SD Negeri Sidoharjo 01 Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dilaksanakan di kelas V, dengan subjek penelitianya 23 siswa. Pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, wawancara, dokumentasi dengan instrumen tes menulis karangan cerita pengalaman pribadi dan lembar validasi perangakat yang digunakan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, materi, dan media. Hasil penelitian menunjukan kemampuan menulis pengalaman pribadi siswa yang mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kemampuan menulis cerita pengalaman pribadi siswa berdasarkan hasil pretest yang telah dilakukan di peroleh sebesar 54,82 dan rata-rata nilai posttest yang diperoleh sebesar 72,08. Hal ini membuktikan hasil posttest dengan menggunakan strategi critical incident berbantu media audiovisual berupa film animasi dapat mempengaruhi kemampuan menulis karangan berdasarkan pengalaman pada siswa kelas V. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi critical incdent berbantu media audiovisual berupa film animasi telah berjalan dengan baik sehingga hasil kemampuan menulis siswa meningkat dan dapat melebihi target nilai pada KKM.