PENGEMBANGAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI KEGIATAN BERNYANYI PADA SISWA KELAS II MI PUI KABUPATEN KUNINGAN

  • Asep Usamah STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan bernyanyi dalam mengembangkan kosakata bahasa Arab siswa MI Kabupaten Kuningan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan Kepala Sekolah. Data yang dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara komparatif dengan cara membandingkan siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perkembangan kosakata bahasa Arab siswa MI PUI Kabupaten Kuningan melalui kegiatan bernyanyi. Sebelum tindakan sampai dengan sesudah, yaitu sebelum tindakan 39,71%, siklus I 70,69% dan siklus II 81,91%. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui kegiatan bernyanyi dapat mengembangkan kosakata bahasa Arab siswa pada MI PUI Kabupaten Kuningan” terbukti kebenarannya dan dapat diterima kebenarannya.

Keywords: Kosa-kata, Bahasa Arab, Bernyanyi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-19
Section
Articles
Abstract viewed = 75 times