Pengaruh Video Pembelajaran Kalimat Tanya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas VI

  • Nuke Yulinda Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Sunanih Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Muhammad Fahmi Nugraha Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa bahasa Indonesia khususnya dalam materi kalimat tanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran penggunaan kalimat tanya terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas VI SDN 5 Imbanagara. Desain yang digunakan nonprobability dengan teknik purposive sampling. Teknik ini dipilih karena peneliti ingin memberikan kesempatan kepada kelas yang nilainya masih kurang dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu kelas VI-B untuk dijadikan kelas eksperimen dan kelas VI-A sebagai kelas kontrol. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VI SDN 5 Imbanagara sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan observasi, kemudian wawancara kepada guru dan tes kepada siswa. Tes yang diberikan tes pre-test dan post-test. Instrumen pengumpulan data yang digunakan instrumen tes (tes uraian). Data dianalisis dengan menggunakan software Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 24. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa video pembelajaran penggunaan kalimat tanya memiliki pengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN 5 Imbanagara Kabupaten Ciamis. Hal ini terlihat dari perbedaan hasil nilai rata-rata pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rat-rata pre-test sebesar  55,36 dan nilai post-test sebesar 93,81, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre-test 59,04 dan nilai post-test sebesar 90,00. Uji hipotesis dilakukan menggunakan Independent Samples T-test. Dalam uji hipotesis diperoleh nilai  thitung > ttabel (2,387 > 1,6972) sehingga dapat disimpulkan bahwa Hₐ diterima dan Hₒ ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sehingga penggunaan video pembelajaran penggunaan kalimat tanya berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas VI SDN 5 Imbanagara Kabupaten Ciamis.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alviona, Vivin. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Pa’Baeng-Baeng Kota Makassar. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Arifin, Johar. 2017. SPSS 24 Untuk Penelitian Dan Skripsi. Jakarta. PT Elex Media Komplitudo.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinika Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Rasyidin, Waini., Et.al. 2017. Landasan Pendidikan. Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia.

Sari, Novita. 2018. Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Penyusunan Kalimat Tanya Dengan Metode Pencocokan Kartu Indeks Di Kelas II MI Al-Husna Ciledug Kota Tangerang. Skripsi, Tidak diterbitkan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sapriyah. 2019. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 2, No.1, 470-477.

Simang, Ramsang., Efendi & Gagaramusu, Yusdin. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Kalimat Tanya Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Langaleso. Jurnal Kreatif Online. Vol. 7, No. 1.Siswa Menggunakan Kalimat Tanya Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Langaleso. Jurnal Kreatif Online. Vol. 7, No. 1.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, Eli., Chamsijatin, Lise., & Irmawati, Nofi. 2019. Peningkatan Keterampilan Membuat Kalimat Tanya Berdasarkan Gambar Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Scramble Pada Siswa Kelas II Sdn Sumbersari 1. Jurnal Basicedu. Vol. 3, No. 1, 146-151.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ulfa, Rafka. 2015. Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Keislaman.

Uno, B. Hamzah. 2016. Model pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Yudianto, Arif. 2017. Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan.

Published
2022-08-31
Section
Articles
Abstract viewed = 77 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 63 times