PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI POKOK GLOBALISASI DI SDN 1 SIDAMULYA

  • Dede Darkam STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Lussy Diani Rachmanita STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendanya hasil belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok globalisasi di gugus PKG 1. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dimana populasi pada penelitian ini adalah gugus PKG 1. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidamulya Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan pada tahun pelajaran 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian singkat dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji t), dan uji NGain. Setelah melakukan penghitungan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching, yakni. Dari data Posttest setelah melakukan penghitungan, diperoleh nilai rata-rata skor posttest kelompok eksperimen sebesar 77,26 dan rata-rata skor posttest kelompok kontrol sebesar 62,11. Dari hasil penghitungan tersebut menunjukan bahwa rata-rata skor posttest kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol.

Keywords: hasil belajar siswa, model pembelajaran reciprocal teaching

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-01
Abstract viewed = 146 times
PDF downloaded = 0 times