PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SDN GUGUS BANYUASIH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran open ended. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control
group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Banyuasih dengan menggunakan puposive sampling yaitu kelas IV SDN 2 Ciherang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 1 Ciherang sebagai kelas kontrol. Dari perhitungan uji kesamaan dua rerata diperoleh - ttabel < thitung < ttabel = -1,68 < -0,22 < 1,68 maka tidak terdapat perbedaan antara rerata nilai tes awal kelas eksperimen dan rerata tes awal kelas kontrol. Dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen 0,73 dan kelas kontrol 0,59. Dari hasil perhitungan uji perbedaan dua rerata ngain diperoleh nilai thitung > ttabel = 2,46 > 1,68 dengan taraf signifikansi 5% sehingga peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran open ended lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pembelajaran konvesional