PENGARUH METODE MNEMONIC TIPE SISTEM LOCI TERHADAP KETAJAMAN MEMORI SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

  • Dadang Cunandar STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mnemonics tipe sistem loci terhadap ketajaman memori siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitiannya yaitu one group pretest posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Wilangara Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data penelitian melaui tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest yaitu 48,13 dan nilai rata-rata posttest 73 sehingga mangalami peningkatan sebesar 24,87. Ini berarti ketajaman memori siswa pada materi pokok membaca berbagai teks setelah menggunakan metode mnemonics tipe sistem loci mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil perhitungan uji t adalah 9,63, dengan mengambil taraf signifikan 5% diperoleh t tabel= 2,021. Karena 2,021>9,63 artinya terdapat pengaruh metode mnemonics tipe sistem loci terhadap ketajaman memori siswa pada materi pokok membaca berbagai teks.

Keywords: Mnemonics, Sistem Loci, Ketajaman Memori

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-01
Abstract viewed = 265 times
PDF downloaded = 0 times