UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEGGUNAAN MEDIA MAKET

  • Sendi Fauzi Giwangsa STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini beranjak dari adanya masalah dalam pembelajaran IPS yaitu aktivitas siswa yang masih rendah dalam proses pembelajaran serta hasil pembelajaran IPS yang belum optimal. Permasalahan tersebut terjadi karena sebagian siswa menganggap bahwa pembelajran IPS merupakan pembelajran yang membosankan, karena terlalu seringnya guru menyajikan pembelaran IPS secara langsung dengan tanpa dibantu melalui media pembelajran sehingga siswa kurang antusias dengan pembelajaran IPS tersebut. Penggunaan media pembelajran bisa membantu siswa mudah memahami pembelajran serta bisa memberikan pengalaman belajara yang menyenangkan bagi siswa melalui interaksi dengan media pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar IPS di kelas IV SDN Sukalerang II Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas menggunakan model spiral Kemmis dan Tagart. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan media maket bisa meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sukalerang Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Hal ini karena melalui pengguaan media dapat memudahkan anak memahami materi dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik.

Keywords: hasil belajar, pembelajaran ips, media maket

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-01
Abstract viewed = 191 times
PDF downloaded = 0 times