PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE SPALDING
Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Watubelah Kabupaten Cirebon
Abstract
Penelitian ini berdasarkan pada permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran hanya berpusat pada guru. Pelaksanaan proses pembelajaran di kelas masih bersifat konvensional yaitu kegiatan yang hanya berpusat pada guru saja. Oleh karena itu, pembelajaran dinilai kurang efektif bagi siswa. Dari permasalahan tersebut, peneliti menerapkan Metode Spalding. Metode Spalding diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui metode ini diharapkan siswa dapat lebih mudah mengungkapkan gagasan, ide, dan termotivasi untuk lebih aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus dimana 1 siklus terdiri dari satu pertemuan dan setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Watubelah Kabupaten Cirebon. Setelah dilakukan penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya dan nilai siswa ada pada kategori baik