PENGARUH MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN CIGUGUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol serta mengetahui perbandingan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan untuk mengetahui pengaruh model sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dikelas IV SDN Cigugur. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimen berupa Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design yang disajikan dengan model Sains Teknologi Masyarakat pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol tidak menggunakan model sains teknologi masyarakat. Pembelajaran ini memiliki subyek sebanyak 54 siswa. Dengan uraian 26 siswa pada kelas eksperimen dan 28 siswa dikelas kontrol. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata hasil pretest pada kelas eksperimen adalah 63.42 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 63.25. untuk hasil
posttest pada kelas eksperimen mendapakan rata-rata 83.15 dan kelas kontrol 67.68. pengujian hipotesis berdasarkan hasil tes di dapatkan thitung >ttabel. Atau 3,98 > 1.68 dengan ? 0.05%, dari hasil pengujian tersebut didapat bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol, sehingga model STM berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS.