DESAIN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE

  • Eliya Rochmah Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Perkembangan teknologi internet telah mempengaruhi ke segala aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. E-learning menjadi salah satu alternatif penunjang pembelajaran
blended learning. Blended learning adalah pembelajaran dengan menggabungkan pemanfaatan e-learning dan pembelajaran tatap muka konvensional. Moodle adalah salah satu alternatif LMS yang menyediakan fasilitas pembelajaran blended learning. Tujuan dari
penelitian ini adalah menganalisis, mendesain, dan mengembangkan sekaligus
menerapkan konten mata kuliah khususnya Dasar-dasar Teknologi Informasi dan
Komunikasi berbasis LMS Moodle untuk menunjang pembelajaran blended learning. Model yang digunakan untuk mendesain pembelajaran blended learning menggunakan moodle adalah dengan model ADDIE dengan melalui tahapan (1) analysis, (2) design, (3)
development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Hasil analisis yaitu perkuliahan dilaksanakan dengan empat model setting pembelajaran yakni Sinkron Langsung, Sinkron Maya, Asinkron Mandiri, Asinkron Kolaboratif.

Keywords: blended learning, moodle, dasar-dasar TIK

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-01
Section
Articles
Abstract viewed = 452 times
PDF downloaded = 0 times