Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Multiliterasi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Multiliterasi Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas III SD NU Kaplongan Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. 2) Mengetahui aktifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dipelajari oleh siswa kelas III SD NU Kaplongan Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu dan 3) Mengetahui hasil belajar siswa kelas III SD NU Kaplongan Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu dengan menggunakan model pembelajaran Multiliterasi. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Multiliterasi. Penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) desain Kurt Lewin, dengan 3 siklus dan tiap siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh prosentasi skor nilai awal mencapai 30% dan skor prosentase siklus I untuk hasil belajar siswa mencapai 36,36%, pada siklus II skor untuk hasil belajar siswa mencapai 75,57% dan pada siklus III skor untuk hasil belajar siswa mencapai 80%. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah jika indikator keberhasilannya mencapai 80%. sedangkan hasil penelitian yang diperoleh mencapai 80%. Jadi simpulan penelitian ini adalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model pembelajaran multiliterasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sikap Percaya Diri Nabi Muhammad SAW di kelas III SD NU Kaplongan Kecamatan Karangampal Kabupaten Indramayu.
Downloads
References
Abdul Latip da Anna Permanasari. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa SMP Pada Tema Teknologi. Bandung: Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015
Abidin,Yunus.Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama. 2015.
A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Hartati, T. 2017. Pedagogik Bahasa Perspektif Multiliterasi dan Penguatan Pendidikan Karakter. Bandung: Departemen Pedagogik FIP, UPI
Harera, A.O. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran matematika SMK Swasta pemda Nias. IKIP Gunung sitoli. Hal. 847.
Heryanto, Asran, M., & Kresnadi, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Murid Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Inkuiri Di Sekolah Dasar. Pontianak : FPKIP. Hal. 3.
Kartika, C. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajr IPA Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament Siswa Kelas V SDN 5 Jatimulyo Kecamatan Jatiagung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Bandar Lampung.:Universitas Lampung. Hal. 12.
Kasyadi, Y., Kresnadi, H., & Sugiyono. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Tipe Jigsaw Di Kelas IV. Pntianak Utara : FPKIP. Hal. 2.
Mansoor, F, & Eslamdoost, S. (2014). Critical Thinking: Frameworks and Models for Teaching. English Language Teaching; www.ccsenet.org/elt. 7 (7), pp. 141-151.
Morocco, C.C., et al. (2008) Supported Literacy for Adolescents: Transforming Teaching and Content Learning for The Twenty-First Century. San Francisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint.
Mulyasa, Enco (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munzani. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Multiliterasi dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Imami Mata Pelajaran Fiqih Kepanjen Kabupaten Malang. Tesis Program Studi Agama Islam, Pascasarjana Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim.
http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/aliterasi/article/download/555/434
Musthofa, Rembangy (2010). Pendidikan Transformatif: Pergualatan Kritis Merumuskan Pendidikan di Tengah Pusaran Arus Globalisasi. Yogyakarta: Teras.
Ni’mah, Z.A. (2017). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Peningkatan Profesional itas Guru Antara Cita dan Fakta. Malang : UIN. Hal. 7.
Raresik, K.A., Dibia, I.K dan Widiana, I.W. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V SD 29 Gugus VI MIMBAR PGSD Undikhsa, 4(1). 1-11. http://dx.oi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7454
Rohman, Abdul (2009). Pendidikan Integralistik Mengganggas Konsep Manusia dalam Pemikiran Ibn Khaldun. Semarang: Walisongo Press.
Sinar. (2018). Metode Active Learning – Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish
Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Sudjana, Nana (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya
Suparman M.A. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakrta: Erlangga
Tampubulon D.P. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: PT. Angkasa, 2015.
Wahidi, L. (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Times Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Metro Barat. Lampung. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Lampung Bandar Lampung. Hal.29.
Wahyuningsih, (2020). Model Pembelajaran mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktivan dan Hasil belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Wijayani, Wahyu Putri (2016). Pentingnya Penerapan Pembelajaran Multiliterasi dalam Memenuhi Tuntutan Zaman dan Tantangan Pendidikan. http://dx.doi.org/10.32678/primary.v10i02.1283.