ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA

  • Nunu Nurfirdaus STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Muhamad Husen STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pemahaman guru terhadap model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk memahami peristiwa, kejadian, pelaku dalam situasi tertentu yang bersifat ilmiah dan natural. Penelitian kualitatif selalu bersifat deskriptif artinya data yang dianalisis berbentuk deskriptif fenomena, tidak berupa angkaangka. Data yang terkumpul berbentuk kata-kata tulisan mencakup catatan, laporan dan foto. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement
Division (STAD) di SD Negeri II Garajati dilakukan dengan cara yang lain, yaitu dengan cara guru menerangkan materi lalu siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian tiap kelompok diberi soal-soal lalu dibacakan hasilnya secara perwakilan kelompok. Pemahaman guru terhadap model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) mempengaruhi hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS. Hasil belajar siswa akan meningkat jika guru lebih memahami suatu model pembelajaran dan menerapkan sesuai dengan langkah-langkah yang seharusnya.

Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-01
Section
Articles
Abstract viewed = 203 times
PDF downloaded = 0 times