Implementasi Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional “Gobag Sodor” Pada Materi Bilangan Bulat

  • Sumiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Purwati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Matematika berbasis budaya pada materi bilangan bulat melalui permainan tradisional “Gobag Sodor”. Permainann gobag sodor merupakan salah satu unsur etnomatematika. Etnomatematika atau pembelajaran matematika berbasis budaya merupakan strategi pembelajaran matematika dengan memasukkan unsur budaya di dalamnya. Unsur budaya tersebut bisa sebagai sumber belajar maupun media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian edeskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitati, yaitu data yang diperoleh selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran matematika materi bilangan bulat kelas VI SD Negeri Srepeng Semanu. Hasil penelitian menunjukkan aturan bermain pada permainan gobag sodor dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran penjumlahan bilangan bulat. Belajar materi bilangan bulat melalui permainan gobag sodor memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa belajar matematika materi bilangan bulat dapat dilakukan dengan menemasukkan unsur budaya yaitu melalui permainan tradisional “Gobag Sodor”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI), Edisi ke-3 (Jakarta: Balai Pustaka, 2000), h. 169.
Dwiani, Rini, dkk. (2021). Pengaruh Permainan Gobag Sodor terhadap Kerjasama Anak Kelompok B TK Intan Sari Palangka Raya Tahun Ajaran 2019.2020. Jurnal Pendidikan dan Psikologi Pintar Harati, 17 (1).
Dwidayati, Nurkaromah. 2018. “Menggali Etnomatematika : Matematika Sebagai Produk Budaya.” 1: 471–76.
Fauzi, Asri, & Lu’luilmaknun U. (2019). Etnomatematika pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (3), 408-419.
Febriyanti, Chatarina et al. 2019. “Etnomatematika Permainan Kelereng.” 7(1): 32–40
Hardiarti, Sylviyani, Pascasarjana Pendidikan Matematika, and Universitas Negeri Yogyakarta. 2017. “ETNOMATEMATIKA : APLIKASI BANGUN DATAR.” 8(2): 99– 110.
Hasil, Meningkatkan, and Belajar Siswa. 2008. “Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” (10): 11–21
Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Pratiwi, Jhenny W., & Pujiastuti, H. (2020) Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05 (02) , 1 - 12.
Rakhmawati M, Rosida. 2016. Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7, No. 2, Hal 221-230, ISSN 2086-5872
Siagawati, Moniqa. 2007. Mengungkapkan Nilai-nilai Yang Terkandung dalam Permainan Tradisinal. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Soerjono, Soekanto. Sosiologi suatu Pengantar (Jakarta: Rajawali Pers, 2009), h. 150-151
Ulum, Bakhrul. 2018. “Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri Untuk Sekolah Dasar Pada Motif Batik Pasedahan Suropati.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 4(2): 686.
Widodo, P., & Lumintuarso, R. (2017). Pengembangan model permainan tradisional untuk membangun karakter pada siswa SD kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 183-193.
Published
2022-08-31
Section
Articles
Abstract viewed = 873 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 586 times