Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Pecahan Desimal melalui Tuan Ratu Pede pada Peserta Didik Kelas V SDN Kendal Rongkop
Abstract
Penelitian in bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung pecahan desimal melalui media Tuan Ratu Pede pada peserta didik kelas V SDN Kendal Rongkop Kabupaten Gunungkidung. Rendahnya hasil belajar materi operasi hitung pecahan desimal pada peserta didik menuntut guru untu melakukan inovasi pembelajaran. Alternatif solusi yang dilakkukan adalah dengan menggembangkan media yang dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep abstrak menjadi kongkret yaitu dengan kartu pasangan operasi hitung pecahan desimal (Tuan Ratu Pede). Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptid dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, pengamatan dan penilaian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah meserta didik kelas V SDN Kendal yang berjumlah 11 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Tuan Ratu Pede dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung pecahan desimal peserta didik kelas V dengan hasil rata-rata hasil belajar 54,55 dengan persentase ketuntasan KKM sebesar 54, 55% meningkat menjadi 86, 36 dengan persentase ketuntasan KKM sebesar 100%.
Downloads
References
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. XVI (1). 98-107.
Ardika, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Keping Muatan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Semester I SDN 6 Yehemban. Laporan Best Practice. Bali: Sekolah Dasar Negeri 6 Yehembang Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana.
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Destri, N. N. (2015). Penerapan Metode Diskusi Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas III Semester Gasal SDN 6 Yehembang Tahun Pelajaran 2014/2015. PTK. Bali: SD Negeri 6 Yehembang.
Djamarah. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Ernest, P. (1991). The Philosophy of Mathematics Education. London: The Falmer Press.
Zaini, H dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani & CTSD.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Thun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 9 (1). 27-34.
Kunandar. (2010). Langkah Mudah Best Practice Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Nasaruddin. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Al-khwarizmi Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 3(2). 21-30.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21. (2016). Standar Isi. Jakarta: Permendikbud RI.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Samura, A. O. (2015). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya. Delta-Pi Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.
(1). 69-79. DOI: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v4i1.145.
Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10(1). 12-21.
Silberman, M. (2009). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Insan Madani.
Solihah, D. A., Muhtadi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematuka MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 2(2). 175-185. : http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index.
Suandito, B. (2017). Bukti Informal dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(1). 13-24.
Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Tri Kusuma, Septiana. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Desimal Melalui Model Active Learning Tipe Index Card Match (Icm) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Brosot Kulon Progo Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan guru sekolah dasar, UNY.
Wimbawati, Kadek. 2010. Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010 di SDN 1 Besakih. Skripsi. Bali: Jurusan pendidikan guru sekolah dasar Undiksha Singaraja.