ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM SERIAL ANIMASI RIKO THE SERIES DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI

  • Nur ‘Afiatus Sa’adah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon
  • Tamsik Udin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon
  • Aceng Jaelani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon
  • Muhafidin STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan suatu usaha menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk untuk mewujudkan perilaku-perilaku lahir maupun batin yang baik agar terciptanya keseimbangan antara hablumminallah dan hablumminannas. Kehadiran film serial animasi yang memuat nilai-nilai pendidikan akhlak ditengah isu kemerosotan akhlak anak membawa angin segar bagi para orang tua dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film serial animasi Riko The Series dan relevansinya terhadap materi pelajaran Akidah Akhlak di kelas rendah MI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian metode semiotika teori Charles Sanders Peirce. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan transkrip. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi dengan model interaktif. Untuk menguji kreadibilitas data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film serial animasi Riko The Series meliputi akhlak terhadap Allah Swt., Rasulullah Saw., diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan dan akhlak bernegara; (2) Materi pelajaran Akidah Akhlak di kelas rendah (I, II, dan III) MI meliputi materi tentang dua kalimat syahadat, asmaul husna, kisah keteladanan nabi, rukun iman, kalimat thayyibah, adab dan akhlak sehari-hari,sifat wajib bagi Allah Swt., surga dan neraka serta kisah Kan’an;  (3) Relevansi antara nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film serial animasi Riko The Series terhadap materi pelajaran Akidah Akhlak di kelas rendah MI dilihat dari segi materi pokok per bab (secara garis besar) serta berpedoman pada Kompetensi Dasar yang termaktub di dalam KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwasilah, A. C. (2017). Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2): 315-330. Diambil dari: https://core.ac.uk/download/pdf/333813602.pdf.

Fatimah, S & Ngatman. (2018). Analisis Film Kartun “Cloud Bread” Sebagai Media Pengenalan Kata Baku dan Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Riset pedagogik, 2(2): 64-72. Diambil dari: file:///C:/Users/USER/Downloads/25448-62488-1-PB%20.pdf.

Firdaus. (2017). Membentuk Pribadi Berakhlakul Karimah Secara Psikologis. Al-Dzikra, 11(1): 55-88. Diambil dari: https://media.neliti.com/media/publications/178009-ID-membentuk-pribadi-berakhlakul-karimah-se.pdf.

Hidayat, N & Nurul R. (2015). Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Serdadu Kumbang Karya Ari Sihasale dan Relevansinya Bagi Anak Usia MI. Al Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1): 31-40. Diambil dari : https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/149.

Jamal, Syafa’atul. (2017). Konsep Akhlak menurut Ibn Miskawaih. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(1). Diambil dari: https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tasfiyah/article/download/1843/1234.

Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah. (2019). Jakarta.

Nata, A. (2018). Pendidikan Islam di Era Milenial. Jurnal Conciencia, 18(1): 10-28. Diambil dari: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/conciencia/article/view/2436/1759.

Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta. Tersedia dari diglibfkip.univetbantara.ac.id database.

Prasetya, A. B. (2019). Analisis Semiotika Film dan Komunikasi. Malang: Intrans Publishing.

Purwandi, L & Hasanuddin A. (2018). Millenial Nusantara. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Tersedia dalam books.google.co.id database.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Trianton, T. (2013). Film Sebagai Media Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Tersedia dari grahailmu.co.id.

Umam, Chotibul. (2021). Pendidikan Akhlak, Upaya Pembinaan Akhlak Melalui Program Penguatan Kegiatan Keagamaan. Guepedia. Tersedia dalam books.google.co.id database.

Wulandari, A. (2016). Penggunaan Media Film Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Autis Kelas III SD di SLB Rela Bhakti I Gamping. Widia Ortodidaktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Biasa, 5(6): 560-571. Diambil dari: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/view/5435.

Published
2022-03-01
Section
Articles
Abstract viewed = 1866 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1265 times