ANALISIS PENERAPAN ICE BREAKIG DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN I LURAGUNGLANDEUH

  • INEU WIDIANTI STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • OMAN SURYAMAN STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Analisis Penerapan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SDN I Luragunglandeuh. Penelitian ini diltarbelakangi olehkegiatan ice breaking yang dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar. Ice breaking merupakan permainan atau kegiatan yang sederhana, ringan dan ringkas yang berfungsi untuk mengubah suasana kebekuan, kekakuan rasa bosan atau mengantuk dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga dalam kegiatan belajar mengajar dapat membangun suasana yang dinamis penuh semangat dan antusias serta belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan ice breaking di SDN I Luragunglandeuh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian  deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang guru,  kepala sekolah,  dan 3 orang siswa kelas V sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunaan adalah dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan pada penelitiaan ini adalah bahwa penerapan ice breaking di SDN  I Luragunglandeuh dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

As' ari, S. H. (2019). Pengaruh Pembelajaran Game Ice Bbreaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V (Lima) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 001 Pangkalan Kecamatan Pucuk Rantau. JOM FTK UNIKS Volume 1, Nomor 1, 1-7.
Sunarto. (2017). Icebreaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Cakrawala Media.
Dwi Hendro Purwoko, A. P. (2018). Pengaruh Penerapan Ice Breakng Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 06 Nomor 02, 483-487.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2020-02-27
Section
Articles
Abstract viewed = 84 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 152 times