PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI ERA DIGITAL

  • Eka Yeni Winantika Universitas Majalengka
  • Budi Febriyanto Universitas Majalengka
  • Shopia Nida Utari Universitas Majalengka

Abstract

Siswa sebagai generasi yang mencerminkan bangsa harus memiliki karakter yang baik. Nilai-nilai yang diterapkan pada siswa disekolah diharapkan dapat diserap dan direalisasikan dalam aktivitas kesehariannya. Tidaklah mudah bagi guru untuk menanamkan siswa pendidikan karakter, ditambah dengan adanya tantangan perkembangan teknologi seperti media sosial yang dapat mempengaruhi kepribadian pada diri siswa sehingga untuk memperbaiki karakter peserta didik yang sudah terlanjur tercemari dampak teknologi ini memerlukan adanya strategi yang tepat sebagai solusi krisisnya pendidikan nilai, Peran pendidik sangat penting untuk membangun karakter siswa harus sejalan dengan ajaran agama, adat istidat, budaya, dan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armizi. 2017. “Penanaman Spiritual Quotient Dan Nilai Moral Pada SIswa Untuk Penguatan Kurikulum Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Madania 7(1).

Fensi, Fabianus. 2020. “Peran Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMA & SMK Bhinneka Tunggal Ika, Jakarta.” Pengabdian Dan Kewirausahaan 4(2):82–88.

Fitri, Sulidar. 2017. “Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media.” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pelajaran 1.

Hendayani, Meti. 2019. “Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Era 4.0.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(2):183. doi: 10.36667/jppi.v7i2.368.

Hendriana, Evinna Cinda, and Arnold Jacobus. 2016. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan.” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia (JPDI) (September):25–29.

Lalo, Kalfaris. 2018. “Menciptakan Generasi Milenial Berkarakter Dengan Pendidikan Karakter Guna Menyongsong Era Globalisasi.” Ilmu Kepolisian 12(2):68–75.

Neliwati. 2018. “Metodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori Praktek).” Widya Puspita.

Omeri, Nopan. 2015. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Manajer Pendidikan 9(3):464–68.

Pakpahan, Roida. 2017. “Analisis Fenomena Hoax Diberbagai Media Sosial Dan Cara Menanggulangi Hoax.” Konferens Nasinal Ilmu Sosial & Teknologi (2013):479–84.

Putri, Dini Palupi. 2018. “Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 2(1):37. doi: 10.29240/jpd.v2i1.439.

Rahmalah, Prajnidita Zaeny, Puji Astuti, Larasati Pramessetyaningrum, and Susan Susan. 2019. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.” Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump 0(0):302–10.

Rahmatullah, Azam Syukur. 2017. “Pendidikan Keluarga Seimbang Yang Melekat Sebagai Basis Yang Mencerahkan Anak Di Era Digital.” Cendekia 15(2):211–24.

Reflianto, and Syamsuar. 2018. “Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 6(2):1–13.

Rosyad, Ali Miftakhu. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran Di Lingkungan Sekolah.” 5(2):173–90.

Setiawan, Wawan. 2017. “Era Digital Dan Tantangannya.” Seminar Nasional Pendidikan 1–9.

Sudrajat, Ajat. 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter?” Jurnal Pendidikan Karakter (1):47–58.

Temiz, Nida. 2019. “A Lesson Plan Model For Character Education In Primary Education.” Educational Research And Review 14(4):130–39. doi: 10.5897/ERR2018.3616.

Utami, Fatma, and Nur Baiti. 2018. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyber Bullying Pada Kalangan Remaja.” Cakrawala 18(2):257–62.

Waters, Stewart, and Matt Hensley. 2020. “Measuring Rural P- 12 Teachers’ Attitudes, Perceptions, and Utilizations of Social Media.” RESSAT 5(3):25–54. doi: 10.46303/ressat.05.03.2.

Wilga, Nurwati, and Budiarti. 2016. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja.” Prosiding Riset & PKM 3(1).

Published
2022-03-01
Section
Articles
Abstract viewed = 760 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 471 times