ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA TEKS NONFIKSI SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 JALAKSANA DI MASA PANDEMI

  • Anita Alvionita STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Muhafidin STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

kemampuan membaca siswa dalam menyerap informasi atau memahami isi pesan yang terdapat dalam bacaan tersebut yang dilihat dari jenis-jenis teks nonfiksi yang dibacanya, adapun jenis-jenis teks nonfiksi yaitu, teks nonfiksi murni dan nonfiksi kreatif contohnya biografi, buku ilmiah, esai, jurnal, skripsi, berita dan masih banyak yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca teks nonfiksi pada kelas VI SD Negeri 1 Jalaksana di Masa Pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dan subjek dalam penelitian ini adalah guru atau wali kelas VI dan siswa kelas VI. Adapun jumlah siswa siswa di kelas VI SD Negeri 1 Jalaksana berjumlah 47 siswa. Data ini dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman teks nonfiksi pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Jalaksana di masa pandemi bahwa siswa menyukai membaca terutama pembelajaran mengenai membaca teks nonfiksi dan sudah bisa membaca teks nonfiksi. Dapat dilihat dari hasil wawancara yang mengatakan bahwa siswa menyukai membaca teks nonfiksi, dan dapat dilihat dari hasil tes membaca teks nonfiksi dimana siswa sudah lancar dalam membaca teks nonfiksi dan sangat mampu dalam menjawab pertanyaan yang diajukan peneliti sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan oleh peneliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter (N. F. Atif (ed.)). Bandung: PT Refika Aditama.
Agus Suprijono, D. (2020). Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal (R. Mubit (ed.)). Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(5), 395–402.
Amalia, Falina Noor. (2018). Perbandingan Kemampuan Membaca Cerita Rakyat Sumatera Selatan Dan Cerita Pendek Tebitan Kompas. Seminar Nasional Pendidikan Universitas Pgri Palembang. Universitas PGRI Palembang: Palembang.
Anggraeni, Silvia Intan. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Nonfiksi Melalui Metode Team Game Tournament Pada Kelas V Min 1 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. IAIN: Salatiga.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Depok: PT Raja Grafindo Persada Jakarta.
Dasuki, Shelvia Aprillyani. (2017). Pembelajaran Menyusun Ikhtisar Dari Dua Teks Nonfiksi Dengan Menggunakan Metode Think Pair Share Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 15 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Pasundan: Bandung.
Fitriyanti Vidharia. (2017). Pembelajaran Membuat Sinopsis Tentang Isi Buku Nonfiksi Yang Dibaca Dengan Menggunakan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas Vii Smp Angkasa Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Pasundan: Bandung.
Hidayat, Lukhman. 2017.Kemampuan Membaca Teks Nonfiksi Berbasis Taksonomi Progress in Internastional Reading Literacy Study (PIRLS) Siswa Kelas V SDN Bareng 2 Kecamatan Klojen Kota Malang. Universutas Malang: Malang.
Iriani Sri. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 004 Pagaran Tahap Darussalam. Jurnal Primary PGSD. No 1(VII).
Krismanto Wawan, dkk. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan. No 3(V).
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. CV. Pustaka Setia: Bandung.
Makinuddin, D. (2006). Analisis Sosial Bersaksi dalam Advokasi Irigasi. Bandung: Yayasan Akatiga.
Masruroh, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Teknik Scramble Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas Va Sd Nurul Islam Purwoyoso Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Mirasanth, K. G., Suarjana, M., & Garminah, N. N. (2016). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Membaca Pemahaman Pada Wacana Narasi Kelas V Sd Negeri 1 Penarukan. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.
Nikmatulaili Riska. (2019). Penerapan Strategi Predict, Organize, Rehearse, Practice, and Evaluate (PORPE) dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal PGSD. No 5(VII).
Pebriani, S. I. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV di SDN Paninggaran. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. STKIP Muhammadiyah Kuningan.
Poncojari Wahyono, Husamah, & Setia, B. A. (2020). Guru Profesional Di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, Dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 52–65.
Rizka Isfihananti Alninda. 2016. Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sd Negeri Gugus Dieng Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung. Unnes: Semarang.
Sahrial, T. (2017). Peran Lingkungan Keluarga dalam Pembentukan Perilaku Sosial Siswa Kelas V SDN II Cijemit Kecamatan Ciniru Kabupaten Kuningan. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. STKIP Muhammadiyah Kuningan.
Sakti Indra. (2011). Korelasi Pengetahuan Alat Praktikum Fisika dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Exacta. No 1 (IX).
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1, 1–6..
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 1st ed.). Bandung: CV ALFABETA.
Sya’bani, L. (2017). Studi Eksplorasi Kemampuan Membaca Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar Negeri 1 Granting. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan. Bandung: Angkasa Bandung.
Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.
Wulandari Ayu. 2012. Kemampuan Memsbaca Pemahaman Siswa Kelas Vii Smp Di Kota Yogyakarta. UNY: Jogjakarta.
Published
2021-02-27
Section
Articles
Abstract viewed = 907 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 929 times