PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI KELAS III SDN I CINAGARA KECAMATAN LEBAKWANGI KABUPATEN KUNINGAN

  • Yusi Lugina STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Dede Darkam STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Cinagara yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, peneliti mengambil seluruh siswa kelas III untuk dijadikan sampel karena SDN 1 Cinagara hanya berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t) yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi PQ4R materi ciri-ciri makhluk hidup kelas III di SDN 1 Cinagara. Berdasarkan perhitungan secara statistik diperoleh nilai signifikansi thitung 5,99 > ttabel 2,002 maka Ho ditolak dan dapat dikatakan bahwa pembelajaran menggunakan strategi belajar PQ4R ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas III SDN 1 Cinagara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggono, T. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Badriyah, L. 2014. Analisis Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Berdasarkan Kurikulum 2013. Mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2, 99
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasbullah. 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Herawati. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Menggunakan Strategi Belajar PQ4R Pada Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia Kelas III. FKIP Universitas Tanjungpura.
Mardalis. 2010. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Nazir. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Pt. Winda. 2013. Pengaruh Strategi Belajar PQ4R Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SD Gugus Saba Gianyar. FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2.
Ratnawulan. 2015. Evaluasi Belajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Penyusunan Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Afabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syah, M. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syaiful. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Tatang. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Published
2020-09-29
Section
Articles
Abstract viewed = 48 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 36 times