ANALISIS PERUBAHAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI

  • Lusi Indriyani STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Nana Sutarna STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Yani Fitriyani STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Permasalahan ini muncul karena adanya pandemi, pembelajaran di SDN 1 Darma di Desa Darma, Kec. Darma, Kab. Kuningan dilakukan secara daring/online sehingga perubahan interaksi sosial siswa menjadi salah satu perhatian penting. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana perubahan interaksi sosial siswa sekolah dasar dimasa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan metode wawancara dan observasi yang terstruktur dan informal, dan teknik yang digunakan purposive sampling pada siswa kelas V SDN 1 Darma. Teknik analisis yang digunakan : 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) verifikasi. Menyimpulkan sebagai hasil dan pembahasan bahwa hasil dari penelitian ini, perubahan interaksi sosial siswa sekolah dasar berubah dalam waktu yang begitu cepat yang disebabkan adanya pembelajaran secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adyatma, dkk. 2020. Interaksi Sosial Peserta Didik Di Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. 7(2): 302
Amri, dkk.2020. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(2):19.
Arsyad dan Rama. 2019. Urgensi Pendidikan Islam Dalam Interaksi Sosial Masyarakat Soppeng : Upaya Mewujudkan Masyarakat Madani. Jurnal Pendidikan Islam dan Keguruan. 1(1):3-4
Audianawati, dkk. 2020. Perubahan Interaksi Sosial Masyarakat Kampung ARGO di Pilihan Kota Yogyakarta. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi. 21(2): 167-169
Dani dan Mediantara. 2020. Covid-9 dan Perubahan Komunikasi sosial. Jurnal Komunikasi. 3(1):97-98
Dewi. 2021. Perubahan Komunikasi Sosial Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan. 13(1): 277
Harfiyanto, dkk. 2015. Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget di SMAN 1 Semarang. Journal of Educational Social Studies. 4(1):2.
Harahap. 2020. Proses Interaksi Sosial di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Dakwah. 11(1): 49-51.
Hutomo, dkk. 2020. Hubungan Variabel Sosial Sebelum dan Saat Pandemi Terhadap Regulasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Psikologi. 2:364
Indradin dan Irwan. 2016. Strategi dan Perubahan Sosial. Yogyakarta. Deepublish.
Lubis. 2018. Dampak Perubahan Sosial Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan. 5(2):637
Marius. 2006. Perubahan Sosial. Jurnal Penyuluhan. 2(2):126-127
Muslim. 2013. Interaksi Sosial dalam Masyarakat Multietnis. Jurnal Diskursus Islam. 1(3):485-488.
Pebriana. 2017. Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1(1):5-6
Putro, dkk. 2020. Pola Interaksi Anak Dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran Di Rumah. Journal Islamic Of Education. 1(1):125.
Ratman. 2015. Interaksi Sosial Anak Berkesulitan Belajar Di Sd Negeri Banyusoco Ii. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta
Rohanah, dkk. 2020. Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar. 3(2):141
Saihu. 2020. Pendidikan Sosial Yang Terkandung Dalam Surat At-Taubah Ayat 71-72. Jurnal Pendidikan Islam. 9(1):128.
Sidiq Umar dan Moh. Miftachul, C. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponogoro. CV. Nata Karya.
Yusuf Muri. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Pranadamedia Group.
Xiao. 2018. Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika. 7(20): 97-98.
Zakiyah dan Kusumawardani. 2021. Perubahan Interaksi Sosial Masyarakat Pedesaan Sejak Pandemi Covid-19. Jurnal Seminar Nasional Prosiding Perbatasan dan Desa. Hal. 35-36
Published
2021-09-24
Section
Articles
Abstract viewed = 932 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 950 times