PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DI SEKOLAH DASAR

  • Yoga Mauludy Afarizi Lutfiansyah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Agatha Kristi Pramudika Sari STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penerapan sistem pembelajaran daring dan luring yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19 ini di SDN Sumurwiru. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menganalis proses pembelajaran daring dan luring yang dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Negeri Sumurwiru. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran daring dan luring di SD Sumurwiru yaitu berjalan dengan baik berupa pembelajaran daring dan luring. Pembelajaran daring yang dilakukan yaitu dengan menggunakan Handphone dengan melalui Whatsapp Group. Sedangkan Pembelajaran luring dilakukan 1-2 kali dalam seminggu dengan mengunjungi rumah siswa atau dilaksanakan di sekolah dengan menjaga protokol kesehatan. Faktor yang mendukung pelaksanaan pembelajaran daring dan luring yaitu, adanya alat seperti Handphone, kouta internet, dan kerja sama antar guru dan pihak wali murid yang terjalin komunkasi yang baik, serta dengan tetap menjaga protokol kesehatan guru dan siswa dapat sesekali melaksanakan pembelajaran luring baik di rumah siswa dan guru maupun di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, Volume 8, Nomor 2.
Cintiasih, Tiara. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III SD Ptq Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA
Damayanti, Nafiah. 2020. “PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V A DI MI ASAS ISLAM KALIBENING TAHUN PELAJARAN 2019/2020”. Skripsi. FKIP. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA.
Darmawan, D. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djaswadi, Djaswadi. 2021. "Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SD Negeri Tambahagung 03 Kecamatan Tambakromo Semester I Tahun Ajaran 2020/2021." Journal of Industrial Engineering & Management Research 2.1: 156-179.
Kamayanthy, D. Y. .2020. Analisis pembelajaran menggunakan edmodo pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XII DPIB di SMKN 1 majalengka tahun ajaran 2020-2021 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
KEMENDIKBUD RI. “Kemendikbud Dorong Penyesuaian Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi”, https//: kemdikbud.go.id, Diakses pada tanggal 20 Juli 2020.
M. Romli, Asep Syamsul. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.
Pratama, Rio Erwan dan Mulyati Sri. 2020. Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia. Vol.1, No.2, Hal.49-59
Putri, Ayusi Perdana. dkk. 2021. Strategi Pembelajaran Melalui Daring Dan Luring Selama Pandemi Covid-19 Di Sd Negeri Sugihan Bendosari. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 2. No. 1. Hal. 1-8
Ramadhani, Rahmi, et al. 2020. “Belajar dan Pembelajaran”: Konsep dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.
Rusman.2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana.2010.Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru
Susanto, Ahmad.2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Thobroni, M.2015.Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Praktik.Yogyakarta: Ar- ruzz Media
Widi, Dkk.2018.Media Penilaian Autentik.Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Widiyanti Novi. 2018. “PENERAPAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI BENCANA GUNUNG BERAPI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 COLOMADU KARANGANYAR”. Skripsi. FKIP. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
Malyana, A. 2020. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia.
Tani, S., & Ekawati, E. Y. “Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Suite 8”. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 13-16.
Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-09-24
Section
Articles
Abstract viewed = 411 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 237 times