KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS IV SDN CIGUGUR DALAM PERSPEKTIF MUTIF CHATIB

  • Agus Saeful Anwar STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Sri Haryati STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Karakter merupakan cara seseorang dalam berpikir dan berperilaku yang merupakan ciri khas tertentu. Karakter akan terbentuk karena adanya sebuah pembiasaan yang ditanamkan. Pendidikan karakter religius adalah landasan awal untuk menciptakan generasi yang mempunyai moral ataupun akhlak mulia. Menjadi gurunya manusia harus lebih mementingkan proses belajar siswa daripada hasil akhirnya dan memahami kompetensi siswa, apapun kondisi yang dialami siswanya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter religius dalam Perspektif Munif Chatib. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Cigugur. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mengikuti model Miles dan Huberman.

Keywords: Embedding Religious Character, Munif Chatib Perspective.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sutarna, Nana. 2016. Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar dalam Perspektif Islam. Kuningan, Jawa Barat: UPMK PRESS
Hartini, Sri. 2017. Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru di MTs Negeri Kabupaten Klaten. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Vol. 2 (1)
Chatib, Munif. 2016. Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa
Purnama, Sigit. 2016. Materi-Materi Pilihan dalam Parenting Education menurut Munif Chatib. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Vol.1 (1)
Published
2021-09-24
Section
Articles
Abstract viewed = 66 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 40 times