ANALISIS PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Asri Hartati Laila Sari STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Agus Saeful Anwar STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil dari sebuah aktivitas pembelajaran, salah satunya yaitu ada aktivitas pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika di sekolah tentunya sangat penting, karena pada dasarnya matematika selalu berdampingan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan studi kasus. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa kelas V SD Negeri Longkewang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mengikuti model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di masa pandemi Covid-19 yang dilakukan di kelas V SD Negeri Longkewang bahwa ketika pembelajaran dilaksanakan melalui sistem daring hasil belajarnya mengalami penurunan yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan oleh mata pelajaran matematika yang tidak dapat dipelajari secara otodidak oleh siswa begitu saja, karena pembelajaran matematika ini membutuhkan bimbingan, latihan dan evaluasi dalam proses pembelajarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, Yeti, dkk. 2020. Model Pembelajaran Inovatif untuk Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Firdianti, Arinda. 2018. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: CV. Gre Publishing.
Hamdi, Fahrurruzi Syukrul. 2017. Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur NTB: Universitas Hamzanwadi press.
Hanafi, Halid, dkk. 2018. Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Isrok’atun, dkk. 2020. Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Purba, Ramen A, dkk. 2020. Pengantar Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rosyid, Moh. Zaiful, dkk. 2019. Prestasi Belajar. Batu: Literasi Nusantara.
Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Dan RND). Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Umbara, Uba. 2017. Psikologi Pembelajaran Matematika (Melaksanakan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Tinjauan Psikologi). Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Andriani, Rita. 2020. “Evaluasi Pembelajaran Online Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri 5 Metro Pusat”. Skripsi. FTIK, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri, Metro Lampung.
Anggraini, Witantri. 2016. “Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pembagian Menggunakan Media Papan Pembagaian pada Kelas III SD Negeri Denggung Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi. FKIP, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Azmah, Faizatul. 2018. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Kelas Unggulan di MTS Swasta PP Raudhatul Hasanah Medan”. Skripsi. FTIK, Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.
Ningrum, Setyani Yulia. 2011. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Kelas X dalam Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Yayasan Pembinaan Pembangunan Masyarakat (YPPM) Boja”. Skripsi. FE, Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri, Semarang.
Safitri, Nita Ari Rochmahdani. 2020. “Penerapan Pembelajaran Daring Via Dragonlearn Era Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas IV MI Ma’had Islam Kopeng Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. FTIK, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri, Salatiga.
Apriyanto, M. Tohimin dan Lilis Herlina. 2020. Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Proseding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika. Universitas Indraprasta PGRI: Jakarta. Hal 135-144.
Handarini, Oktafia Ika. 2020. Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol. 8. No. 3. Hal 496-503.
Kusuma, Yanti Yandri. 2021. Analisis Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 3. No. 1. Hal 65-70.
Mustakim. 2020. Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal of Islamic Education. Vol. 2. No. 1. Hal 1-12.
Syafi’i, Ahmad, dkk. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 2. No. 2. Hal 115-123.
Patimah, Siti, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan Campuran Berbasis Daring (Melalui Aplikasi Whatsapp) di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas 4 SDN Pakujajar CBM. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Vol. 5. No. 2. Hal 98-105.
Wiryanto. 2020. Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Vol. 6. No. 2. Hal 1-8.
Zulyadaini. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop Dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vol. 16. No. 1. Hal 153-158.
Published
2021-09-24
Section
Articles
Abstract viewed = 246 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 136 times