ANALISIS KECERDASAN EMOSI SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI

  • Ajeng Aliya Nurlatifa STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Nanan Abdul Manan STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Analisis Kecerdasan Emosi Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2021, 59 halaman. Permasalahan awal yang muncul saat ini karena adanya pandemi, pembelajaran siswa SD Negeri 5 Cilimus, di Desa Cilimus, Kabupaten Kuningan dilakukan secara daring sehingga kondisi kecerdasan emosi siswa menjadi salah satu perhatian penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kecerdasan emosi siswa sekolah dasar dalam pembelajaran di masa pandemi SD Negeri 5 Cilimus. Mengetahui kondisi kecerdasan emosi siswa saat ini dalam pembelajaran khususnya di masa pandemi. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan: 1) metode observasi. 2) metode wawancara. 3) metode angket/kuesioner dan teknik yang digunakan purposive sampling pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Cilimus. Teknik analisis data yang digunakan: a) Reduksi data; b) Penyajian data; dan c) verification.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosi siswa sekolah dalam pembelajaran di SD Negeri 5 Cilimus dalam kondisi baik. Kondisi ini tidak jauh berbeda dengan kondisi sebelum pandemi, karena sebagian sebagian besar siswa kelas IV di sekolah tersebut sudah bisa mengelola emosinya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sholina, A., & Mukti, F. D. (2019). KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SD TAKHASSUS AL-QURAN KALIBEBER WONOSOBO. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 101-114.
Imanuel, L. A. (2019). Identifikasi Bakteri Escherichia Coli Pada Es Teh Di Pasar Malam Kampung Solor Kota Kupang (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Kupang).
Aswat, H., Sari, E. R., Aprilia, R., Fadli, A., & Milda, M. (2021). Implikasi Distance Learning di Masa Pandemi COVID 19 terhadap Kecerdasan Emosional Anak di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(2), 761-771.
Herdiana, D. (2020). Social Distancing: Indonesian Policy Reponse to the Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 17(1), 93-110.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Goleman, Daniel. 2007. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Sumargiyani, S., Yanto, I. T. R., & Hamzah, R. (2021). PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN TEKNOLOGI DI ERA INDUSTRI 4.0 DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Berdaya Mandiri, 3(1), 468-475.
Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49-59.
Published
2021-02-26
Section
Articles
Abstract viewed = 215 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 204 times